Kamis, 17 Oktober 2019

Cinta Beda Dimensi

Gw paling jijik sama orang yang pacarannya udah lama, orang tua udah sama-sama tau padahal hubungannya udah diujung tanduk, tapi masih dipertahanin. Taiii

Kenapa? Gak enak karena udah lama pacaran? Atau males harus mencari pasangan lagi? Ulang dari awal lagi? Beradaptasi lagi? Manja lu! Malah lebih kacau ntar waktu udah berumah tangga, kalo cerai susah, mesti bikin berkas suratnya, bolak balik ke pengadilan belom lagi masalah hak asuh anak dan harta gono-gini. Huuuhh pusing goblok

Astaghfirullah, masih baru mulai udah marah-marah aja gw, maaf-maaf. Sebelumnya kenalin nama gw Nissa gak pake sabyan, temen-temen biasa manggil gw Sasa. Gw mahasiswa tingkat akhir yang udah lama ngejomblo dan gw adalah anak indigo, tolong jangan plesetin indigo jadi indihome, basiiii!

Oke gw mau cerita nih, dengerin yak eh maksud gw baca ya sampe habis, soalnya lumayan panjang, siapa yang gak baca sampe habis PKI!!

*****

Waktu itu gw lagi asyik tidur di ayunan belakang rumah gw, ayunan ini namanya hammock, tau kan ayunan ini? Yang sering dipake anak gunung itu loh, tau dong? Kebetulan gw jual ni, jangan lupa cek ig gw yak! 😂😂

Jadi, ayunan ini gw taruh di pohon belakang rumah gw, iya norak banget emang.

Semilir angin siang membuat gw semakin nyenyak tidur diayunan ini. Tapi gak tau kenapa sewaktu gw tidur seperti ada yang ngayun. “Astaga masih siang gini kok ada aja sih yang iseng” gumam gw
Pas gw buka mata gw dikejutkan oleh lelaki sebaya sama gw yang wajahnya berlumuran darah, iya dia hantu. Namanya adalah Tomi. Laki-laki ini udah sering gangguin gw. Namun, selalu gw hiraukan.

“Lo lagi lo lagi, mau apa lagi sih Tom? Tapi udah gw kasih tau semua kenapa lo bisa meninggal!”. Ucap gw marah

“Tapi masih ada yang ganjil nih Sa, sampe sekarang gw juga belum tau wajah orang yang nabrak gw, bisa mati penasaran nih gw, gw ingin mati dengan damai, tolong Sa, lo kan anak indigo”. Jawab Tomi.

“Iya gw anak indigo tapi gak indigo-indigo banget, ya semi-semi indigo lah”. Balas gw sambil ganti posisi menjadi duduk diayunan.

Sebenernya gw males kalo diminta bantu ginian sama hantu, soalnya bukan satu atau dua hantu aja, banyak cuy! Tapi ntah kenapa nih hantu bolak balik memohon sama gw buat bantuin dia. Gw jadi merasa iba.

“Iya iya gw bantuin lu, tapi gw kuliah dulu ya”. Ucap gw sembari merapikan ayunan.

Singkat cerita, gw kuliah masuk malam waktu itu pas pulang udah hampir tengah malam, maklum nongkrong dulu biar kayak anak gaul Jakarta. Walaupun uang tinggal sedikit yang penting ngumpul aja dulu, uang habis tinggal minta lagi sama ortu ye kan.

Pas gw mau pulang ke rumah, jam sudah menunjukkan pukul 01.00. Waktu itu sebenernya gw mau nginep aja di kosan temen, tapi gara-gara Tomi yang terus maksa gw pulang, akhirnya gw memaksakan diri untuk pulang. “Udah pulang aja Sa, kan ada gw yang nemenin” Ucapnya.
Ditengah perjalanan naik motor udara begitu dingin sekali, mana gak pake jaket lagi, udara dingin membuat perut gw merasa laper, gw memutuskan kalau ada warung yang buka gw akan mampir.
Jalanan ini begitu sepi, beda dari yang biasanya. “Tumben sepi banget ni jalanan“. Bisik gw dalam hati.

Kemudian gw melihat spanduk di pinggir jalan di samping tiang KM 11 bertuliskan “Kuy Mampir”.
Gw mampir dan memarkirkan motor gw yang gak terlalu jauh dari warung itu, tapi si Tomi menghentikan langkah gw. “Jangan makan sini deh, mendingan di rumah aja” Ucap Tomi menghalau gw.

“Idihh, lu sokap kok ngelarang gw?” Ucap gw meghiraukan.

Ketika duduk, gw langsung disambut ibu-ibu dan bapak-bapak pemilik warung itu, sepertinya mereka pasangan suami istri.

“Mau pesan apa mbak?”. Tanya ibu itu sambil tersenyum.
“Air hangat aja bu pakai teh sama gula dikit, kalau bisa yang merk sari wangi. Terus kalau ada makanan ringan kayak roti juga boleh bu”. Jawab gw sambil menaruh kaki kanan ke kursi.

Ibu itu tersenyum kembali dan masuk ke dapur warung membuatkan teh. Menunggu ibu itu membuatkan teh, gw iseng nanya ke bapak-bapak warung itu.

“Warungnya buka 24 jam ya pak?”. Tanya gw berbasa-basi
“Iya mbak, saya bergantian dengan istri saya”. Jawab bapak itu
“Ohh semacam shift lah ya pak”. Balas gw.

Bapak itu mengangguk dan gak lama ibu itu datang menyuguhkan teh dan roti yang gw pesan.

“Ini mbak teh dan rotinya, tapi kok cuma pesan satu teh aja sih mbak? Temennya gak pesen? Padahal tadi saya liat mbak boncengan sama laki-laki loh” Tanya ibu warung itu

Gw kaget ibu ini juga bisa melihat si Tomi, “Eeee.. iiiya bu, temen saya gak laper”. Jawab gw ragu
Gw merasakan ada yang gak beres sama warung ini, biasanya Tomi selalu ngikuti gw tapi abis memarkirkan motor tadi, Tomi pergi ntah kemana.

Gw mempercepat makan roti dan minum teh di warung ini. “Berapa semuanya bu?” Tanya gw sambil mengambil dompet disaku kanan.

“10 ribu aja mbak” Jawab ibu itu datar

Selesai membayar, tanpa babibu gw menaiki motor dan melaju dengan kencangnya kayak Rossi ingin menyalip Marc Marquez.

Sesampai di rumah gw langsung tidur. Seperti biasa jam 4.30 alarm hp gw bunyi dengan kerasnya. Alih alih mau Sholat subuh gw liat ada notif whatsapp dari Faisal, dia emang udah lama mendekati gw, tapi selalu gw cuekin.

“P”
“P”
“P”
“Assalamualaikum Nissa? Jangan lupa sholat subuh ya? Abis sholat jangan lupa doa agar kelak aku bisa jadi imam mu. Xixixi”

Setelah melihat isi pesan whatsapp dari Faisal gw pun mengurungkan niat untuk sholat subuh dan gak gw balas whatsappnya, gw lebih memilih untuk melanjutkan tidur. ‪Jadi, tolong buat laki-laki diluaran sana, kalo lo ngechat gebetan tapi balesnya lama, bukan berarti mereka sibuk, mereka cuma gak tertarik sama lo, udah itu aja jangan berharap lebih, ayo mundur perlahan.‬ Terkadang Kita juga perlu berpikir yang buruk jangan baik mulu.

Pukul 05.30 pagi alarm hp gw bunyi lagi, gw bangun dari tempat tidur dan pergi mandi. Setelah selesai mandi gw ke dapur untuk sarapan. Namun, waktu gw buka lemari makan gw menemukan kertas yang bertuliskan “Mama gak sempat bikin sarapan, Go-Food aja ya Nissa sayang ❤️. From : Mama”

Karena gw anak yang bandel gw gak menuruti perintah mama, gw gak mau gofood gw memilih beli makanan lewat grab food, ada promo soalnya. Bodo amat yang katanya kalo pake grab gak mendukung startup anak bangsa, bagi gw mereka itu sama. Sama-sama kapitalis.

Waktu gw menunggu makanan dateng di ruang tamu, tiba-tiba Tomi muncul dihadapan gw.

“Hallo... gimana jadi bantuin gw nggak?” Tanyanya
“Anjirr.. bikin kaget aja lo!!!! Tapi sebelum gw bantuin, gw mau nanya-nanya lo dulu nih” Ucap gw sambil nabok pipinya
“Mau nanya apa Sa?”
“Lo sebelum meninggal katanya kerja, kerja apaan?”
“Kerja di restoran nasi padang, tapi cuma bertahan 5 bulan abis itu resign, soalnya bukan passion gw”
“Dihh najis, alesan yang paling gak gw suka. Pesyan-pesyen-pesyan-pesyen, lo kalo kerja mah kerja aja goblok! Kerja kok ngikuti passion, kerja mah yang penting uang, kalo uang lo udah banyak dan finansial udah stabil, nah baru boleh ngikuti passion lo tanpa khawatir menganggu finansial lo nantinya. Berpikir yang realistis aja boy! Pantesan lo cepat meninggal”. Ucap gw kesal
“Emang passion lo apaan Sa?”. Tanyanya lagi
“Passion gw tiduran di rumah tapi menghasilkan uang”. Jawab gw seenaknya
“Lah kerjaan apaan tuh?”. Tanya Tomi penasaran.
“Pemilik kontrakan atau kos-kosan. Hehehe”. Jawab gw

Tidak lama kami ngobrol, kang grab pun datang membawakan sarapan yang udah gw tunggu dari tadi.

Sambil makan, Tomi bercerita, dia gak asing dengan Warung yang sempat gw singgahi semalam, ketika gw tanya lebih detil, dia gak inget. Bisa-bisanya hantu amnesia, Astagaaa.

Gw udah mencoba investigasi masalah Tomi ini, tapi gw menemui jalan buntu, karena Tomi kalau ditanyain selalu gak tau dan kurang tau.

Gak terasa karena terlalu bersemangat mengintrogasi Tomi sore hari telah tiba, gw pun bergegas berangkat kuliah menemui dosen pembimbing untuk bimbingan skripsi bangsat ini.

Singkat cerita, setelah selesai bimbingan, gw langsung pulang dan melewati jalan kayak semalem lagi, tapi anehnya setelah gw melewati KM 11 tidak ada warung yang gw singgahi semalam. Apa warungnya digusur? Pikir gw saat itu. Tidak terlalu jauh dari KM 11 gw melihat ada warung nasi goreng, gw pun berhenti di warung itu.

“Mas, nasi putihnya satu ya, tapi nasinya dicampur kecap, bawang, sama cabe terus kasih bumbu nasi goreng dan kalo bisa nasinya digoreng ya mas. Makan di sini”. Ujar gw

“Oke, mbak”. Jawab mas itu
Tidak lama, pesanan nasi yang gw pesan datang dan karena ingin mengusir rasa penasaran membuat gw bertanya pada mas nasi goreng itu.

“Mas, kalau malam sekitar jam 1 jalanan ini memang sepi ya?”. Tanya gw

“Enggak juga sih mbak, soalnya truk-truk bermuatan kalau udah sekitar jam 11 itu diperbolehkan masuk jalanan ini, jadi nggak terlalu sepi sih, emang kenapa ya mbak?” Ucap mas itu.

Gw pun menceritakan kejadian semalam yang gw alami dan mas itu menjelaskan.

“Dulu di KM 11 memang ada warung tapi warung itu sudah hancur ditabrak sama truk yang menewaskan pemilik warung itu, katanya sih yang punya pasangan suami istri. Dan kalau enggak salah, waktu itu truk mengelakkan pejalan kaki yang mau menyebrang namun naas pejalan kaki itu juga ikut tertabrak dan meninggal di tempat”. Ucap mas itu menjelaskan

“Pejalan kaki? Mahasiswa bukan mas?” Tanya gw penasaran.

“Nah, iya bener mahasiswa, soalnya waktu itu dia pake almamater, tapi saya kurang tau sih kampus mana”. Jawab mas itu.

Mendengar penjelasan dari mas itu, gw dan Tomi saling bertatapan.
“Apa itu lo Tom?”. Gw berbisik
“Mungkin”. Jawabnya singkat.

Setelah menghabiskan nasi goreng dan membayarnya. Di tengah perjalanan gw tiada hentinya memikirkan apa yang sebenernya terjadi sama si Tomi ini. Karena besok hari minggu, gw berniat akan menuntaskan misteri ini esok hari.

Singkat cerita, esok hari pun tiba. Masih pagi sekali gw dan Tomi pergi ke KM 11 itu dan bertanya ke orang-orang yang ada di sekitar KM 11.

Untuk mencari bukti yang lebih kongkrit, mau gak mau gw terpaksa harus ke Polsek. Sesampainya di sana gw menjelaskan maksud kedatangan gw dan di sana gw ditanyain cukup lama karena ini kasus udah 3 tahun yang lalu. Pak polisi disitu terus bertanya kenapa, alesannya apa, pertanyaan mereka berbeli-belit seolah tidak ingin kasus ini dilanjutkan kembali. Sampai pada akhirnya gw berbohong kalau kasus ini adalah untuk penelitian skripsi gw.

Kemudian Pak polisi itu menyuruh polisi lainnya mengambil berkas arsip kasus tersebut disuatu tempat. Setelah gw baca dengan teliti ternyata kejadiannya itu malam hari sekitar pukul 08.00. Pengendara truk kabur beserta keneknya, karena tidak cukup bukti dan saksi mata pada waktu kejadian. Supit truk dan kenek belum ditangkap sampai sekarang. Lalu gw melihat barang bukti almamater berwarna biru dan jam tangan yang udah tidak berbentuk. Gw memandangi almamater itu sangat percis yang Tomi gunakan sekarang, hanya saja ini ada logonya sedangkan yang Tomi pakai tidak ada, tapi gw sangat yakin kalau almamater itu milik Tomi dan ketika gw melihat Tomi sambil memegang almamater itu, Tomi mengangguk. Gw juga memandangi jam tangan yang udah tidak berbentuk itu cukup lama, gw seperti pernah melihat jam tangan ini, tapi gw lupa di mana.
Gw bertanya kepada pak polisi itu nama mahasiswa yang tertabrak itu siapa, tapi mereka tidak tau, mereka bilang tidak ada identitas sama sekali, mereka tau hanya kampusnya saja. Namun, pihak kampus juga tidak memberi tau namanya siapa. Pihak kampus hanya menghubungi orang tua korban lalu mereka lepas tangan. Terus gw tanya lagi tentang orang tua korban, katanya sampai sekarang belum ada laporan kalau orang tua korban mau mengambil mayatnya.

“Jadi, mayatnya di kuburkan di mana pak?”. Tanya gw penasaran

“Ayo ikut saya kalau mau tau kuburannya”. Ajak pak polisi itu

Tidak jauh dari kantor gw pun sampai di kuburan yang dipenuhi nisan dengan bertuliskan “Mr X”.
“Ini dia kuburannya... Kamu saya tinggal dulu ya, kalau ada yang mau ditanyain lagi ke kantor aja” Ucap pak polisi itu sambil meninggalkan gw dan Tomi.

“Iya pak, terima kasih”. Jawab gw

Gw merenung dikuburan itu yang hanya bertuliskan “Mr X” dan tanggal wafatnya. Apakah gw nanti mati dalam keadaan seperti ini? Gak ada yang peduli? Bahkan keluarga gw sendiri? Ditengah gw merenung tiba-tiba Tomi bertanya “Sa, lo percaya kehidupan setelah kematian nggak?”

“Percaya nggak percaya sih ya, gw rasa sebaiknya kita pilih apa yang kita percayai supaya bisa menjalankan hidup lebih baik lagi. Yah jangan terlalu dalam lah mencari tau tentang akhirat, yang perlu kita tau yaitu menerima kenyataan bahwa kematian adalah bagian dari hidup. Setelah kita menerima ini, kita akan sadar kalau tak ada yang perlu ditakuti”. Jawab gw

Kemudian gw kembali ke Polsek untuk menanyakan alamat orang tua korban. Gw pun dikasih alamat itu dan pak polisi itu memperingatkan, mereka terakhir ke sana tapi rumahnya kosong.

Setelah gw baca alamatnya, gw seperti gak asing dengan alamatnya, mungkin perasaan gw aja. Perjalanan pun memakan cukup lama, sekitar 1 jam gw baru sampai menaiki motor, anehnya gw gak ada tanya-tanya atau pakai GPS, gw seperti dituntun dan seperti sudah hafal jalanan ini padahal gw ini orangnya buta map.

Yap.. seperti pak polisi bilang, rumah ini kosong. Gw mencoba bertanya tetangga sekitar, katanya mereka udah lama pindah setelah kehilangan anak mereka satu-satunya. Gw tanya lagi di mana mereka sekarang tinggal. Namun, kebanyakan tetangga sini jawab tidak tau.

Gw gak mau putus asa, gw terus mencari, mencari, mencari dan sampai akhirnya gw disuruh ke rumah tukang cilok, katanya kang cilok itu sahabat deket pemilik rumah itu. Ketika gw sampai rumah kang cilok itu, gw disambut dengan ramah. Kang cilok bercerita cukup banyak tentang pemilik rumah itu, sekian banyaknya cerita gw mengambil benang merah dari cerita kang cilok itu.

1. Pemilik rumah itu pekerjaannya adalah supir
2. Ibu pemilik rumah pekerjaanya jual lontong setiap hari minggu
3. Pasangan ini tidak punya anak, tapi mereka pungut anak di panti asuhan

Gila banget ni kang cilok sampai tau aib-aibnya kayak lambe turah aja, pikir gw saat itu.
Setelah bercerita panjang kali lebar kali tinggi, lalu kang cilok memberi alamat baru pemilik rumah itu. Namun, tidak memberi tau nama pemiliknya.

Singkat cerita, gw sampai di rumah itu sore hari dan kali ini gw mencari alamat ini penuh perjuangan karena gw sama sekali tidak tau alamatnya, dan harus tanya-tanya dan pakai GPS.

“Tok tok tok” “Assalamualaikum?” Ucap gw sambil mengetuk pintu.

Cukup lama gw menunggu akhirnya terdengar suara jejak kaki dan membukakan pintu. Terlihat bapak-bapak setengah baya yang gw kenal.

“Pak Badrun?”. Tanya gw kaget
“Loh Sasa? Kok bisa ada di sini?”. Tanya pak Badrun mengenali gw.

Pak Badrun adalah Ayah Diki mantan pacar gw sewaktu SMA dulu. Diki adalah pacar pertama gw dan gara-gara dia gw gak bisa move on sampai sekarang.

Kemudian gw disuruh masuk dan duduk di ruang tamu, lalu gw menjelaskan maksud kedatangan gw dan pastinya dengan alibi skripsi. Setelah gw menjelaskan cukup panjang tiba-tiba Pak Badrun menangis.

“Cukup Sasa, cukup. Tidak perlu dijelaskan lagi, bapak paham. Mungkin kamu sudah tau kalau Diki sudah gak ada.....” Ucap pak Badrun.

Gw sontak kaget, ternyata bener rumor kata tetangga-tetangga yang gw tanyain tadi.

“Karena kamu sudah tau banyak tentang kejadian ini, dan bapak tidak ingin menutupinya lagi. Sakit sa, sakit... Tapi tolong jangan kasih tau siapa-siapa terutama Istri bapak. Bapak mohon”. Ucap pak Badrun sambil terisak-isak.

“Iya, pak Sasa janji tidak akan memberi tau siapa-siapa”. Ucap gw gemetar

Masih terisak-isak Pak Badrun melanjutkan. “Yang kamu jelaskan tadi hampir betul semua. Jadi, sebenernya Bapak adalah korban sekaligus tersangka atas tertabraknya mahasiswa dan pemilik warung KM 11 itu. Mahasiswa itu adalah Diki anak bapak satu-satunya. Istri bapak belum tau sampai sekarang, yang ia tau hanya Diki hilang, padahal udah meninggal 3 tahun yang lalu. Bapak takut sekali masuk penjara Sa, kalo bapak masuk penjara kasian istri bapak pasti dia terpukul sekali, bapak gak ingin melukai dia”.

Gw kaget kedua kalinya seakan tidak percaya apa yang baru saja gw denger. Dan gw melirik sinis ke Tomi, sepertinya ada yang disembunyikan dari dia.
Gw mencoba menenangkan pak Badrun dan karena gak enak sudah membuat pak Badrun menangis gw pun segera pamit pulang.

Sewaktu gw keluar dari rumah pak Badrun terlihat langit sudah hampir maghrib. Lalu di halaman rumah pak Badrun gw menghentikan langkah dan bertanya ke Tomi apa yang sebenernya terjadi.

“Tom... Jangan bilang kalo elo itu Diki”. Tanya gw penasaran.

“Sebelumnya gw minta maaf Sa, gw gak tau lagi cara apa agar gw bisa deket lagi sama lo dan gw juga berterima kasih sama lo, gw jadi tau apa yang sebenernya terjadi, termasuk kenapa keluarga gw gak mau mengambil jasad gw. Sekarang gw lega karena udah tau semua”. Jawabny.

“Nggak gini caranya Dik..” Ujar gw.

“Tapi ada satu hal yang perlu lo tau, gw masih mencintai lo sampai detik ini. Sebelum gw meninggal sebenernya gw mencari alamat lo, katanya lo pindah keluar kota, sampai akhirnya gw tertabrak truk Bapak gw sendiri, mungkin itu ganjaran yang tepat untuk orang yang tukang selingkuh seperti gw. Nggg.. masih inget dengan jam ini nggak? Maaf ya gak bisa gw jaga baik-baik, sekarang malah jadi hancur begini. Sekali lagi Sa.. gw minta maaf atas kelakuan begok gw terhadap lo. Semoga kita bisa jumpa di atas sana. I Love You 9000”. Ucapnya sambil meneteskan air mata.

Setelah menjelaskan cukup panjang, wajah arwah Diki yang sebelumnya berlumuran darah berubah menjadi lebih glowing kayak abis pake skincare dari korea. Gw memperhatikan wajah dia perlahan.

Yap itu memang wajah Diki mantan gw, tidak lama setelah itu Adzan Maghrib berkumandang dan perlahan arwah Diki ikut menghilang seperti Thanos menjetikkan jarinya.

Diki... Semoga cita-cita mu mati dengan damai tercapai. Amin

Sumber: FP Badarawuhi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar