Sabtu, 08 Desember 2012

LEGENDA MAS MERAH



Legenda Mas merah
Mas merah adalah nama seorang gadis yang terkenal dengan kecantikannya.kulitnya putih bersih,sehingga bila berjalan seakan darah  keluar memercik keluar  dari kakinya,,ayah ibunya orang terhitung orang kaya,anak tunggal yang tidak punya saudara namun ia gadis kampung yang suka menolong,ramah dan santun pada pada semua orang…setiap orang memuji kecantikannya,ia menjadi “bunga”kebanggaan warga desa,..
Karena kebaikan budinya,warga desa tuana tuha sangat sayang padanya,,tak terkecuali kedua orang tuanya,,..kecantikan mas merah pun menjadi buah bibir setiap orang,hingga berita tersebut menyebar ke seganap penjuru daerah,,sampailah berita itu kepada raja kutai yang bergelar aji,.  Aji adalah raja kerajaan kutai yang bertahta di kutai lama tenggarong, wilayah kekuasaannya cukup luas,meliputi seluruh kabupaten kutai saat ini..ia memiliki sifat suka mengambil gadis gadis cantik untuk di jadikan selir,,tak perduli gadis itu sudah bersuami atau belum.
Karena penasaran,aji beserta rombongan kerajaan menuju desa tuana tuha untuk memastikan kebenarannya,dan jika berita itu benar ia berencana menjadikan mas merah sebagai selir.,.karena jarak yang jauh,,untuk sampai ke desa tuana tuha butuh berhari-hari perjalanan,.apalagi rombangan itu menaiki kapal kerajaan melewati sungai belayan yang terhitung panjang dan lebar,dan kapal di gerakkan dengan tenaga manusia..banyak kampung-kampung yang di lewati,dan setiap melewati kampung-kampung itu kapal kerajaan belabuh,sekedar bertanya tentang mas merah,,.warga dari setiap kampung yang di lewati itu membenarkan keterangan bahwa gadis cantik bernama mas merah memang benar-benar ada di desa tuana.
Sebelum rombangan kerajaan sampai di desa tuana tuha,berita itu telah lebih dulu sampai pada warga desa,,kedua orang tua mas merah khawatir akan nasib anaknya..mereka tidak ingin berpisah karena menurut mereka  aji bukan raja yang baik,..dengan selir yang banyak,,mas merah  bakal tidak akan bahagia dan nantinya akan dijadikan musuh oleh selir-selir yang lain…mas merah sendiri tampaknya tidak mau di jadikan selir,..padahal keinginan seorang raja tak mungkin bisa di tolak….
Orang-orang desa dan orang tua yang sayang pada mas merah segera bermusyarah,.mereka sama menolak jika mas merah di jadikan istri bagi raja hilang sudah sesuatu yang selama ini menjadi kebanggaan warga desa..akhirnya di sepakati mereka akan menyembunyikan mas merah di suatu tempat yang tidak bisa di temukan orang,..yaitu di kubur  dengan di buatkan semacam “rumah di dalam tanah”..yang letaknya di dalam hutan cukup jauh di sebelah hulu kampung.warga tuana tuha menyebut tempat itu “hutan lirung kayu”.jika nantinya aji bertanya tentang mas merah,mereka sepakat berbohong bahwa cerita tentang gadis yang bernama mas merah di tuana tuha itu tidak pernah ada,,hanya omongan orang-orang saja.
Dengan bantuan dari seluruh warga,pembuatan rumah dalam tanah itu pun dapat selesai sebelum aji sampai di tempat itu,.mas merah pun masuk disana dengan perbekalan dan perlengkapan yang cukup untuk tinggal lama..
Beberapa hari kemudian rombongan aji sampai juga di desa tuana tuha,,warga  desa menyambut dengan suka cita dan meriah..setelah turun dari kapal aji langsung bertanya kepada warga tentang mas merah,,namun tidak ada yang tau,,semua menggelengkan kepala..aji yang tidak percaya menjadi kecewa dan marah lalu memerintahkan prajurit mencari di seluruh penjuru desa dengan menggeledah semua rumah penduduk.memanggil tokoh adat desa untuk di tanya,namun jawabannya juga sama,..karena masih ragu dengan keterangan warga,kapal aji pun berlabuh beberapa hari di tempat itu.
Selama beberapa hari di tempat itu,aji dan prajuritnya mencoba membujuk beberapa warga dengan memberikan hadiah besar jika ada yang mau memberitahu di mana keberadaan mas merah,,namun hasilnya tetap nihil.
Karena curiga dengan kebohongan warga tuana tuha,sebelum kembali ke kerajaannya,aji memempatkan beberapa prajuritnya untuk mengawasi gerak-gerik warga dan kalau-kalau mas merah muncul.walau pun demikian orang tua mas merah dan seluruh warga benar-benar pandai menyimpan rahasia,,diam-diam mereka memberikan makanan dan keperluan lain buat mas merah yang tinggal di dalam rumah tanah.
Hingga bertahun-tahun kejadian itu berlangsung,mas merah tidak pernah keluar dari persembunyiannya,walau pun prajurit kerajaan sudah tidak ada lagi.mungkin karena terlanjur takut..
Bahkan ketika ayah ibunya meninggal di usia tuanya,,walau pun bersedih,mas merah tidak juga keluar dari persembunyiannya.
Setelah kedua orang tuanya meninggal,semua harta benda milik keluarganya di pindahkan warga ke rumah tanah tempat tinggal mas merah.
Warga kampunglah yang kini menjaga mas merah,pada saat-saat tertentu mereka mendatangi  rumah tanah mas merah sekedar memberikan makanan.
Menurut kesaksian warga yang pernah mengantarkan makanan,bertemu langsung dengan mas merah,mereka heran karena mas merah sama sekali tidak berubah atau kelihatan tua,masih cantik sama seperti dulu.
Tahun pun berganti,tersiar kabar bahwa raja aji yang dulu pernah mencari mas merah untuk di jadikan selir kini sudah mangkat,.warga pun mengajak mas merah untuk keluar dari rumah tanah,,dan tinggal bersama warga di perkampungan,. Warga berusaha membujuk mas merah,namun tidak membuahkan hasil.mas merah menolak,dengan alasan bahwa ayah ibunya sudah tidak ada dan ia sudah tidak ingin lagi jadi perhatian orang..
Warga desa pun hanya bisa menyetujui keinginan mas merah itu,namun mereka berjanji akan tetap mengantarkan keperluan-keperluan hidup untuk mas merah..
Dari hari ke hari hidup mas merah di tanggung oleh warga,mereka bergantian mengantarkan makan  dan keperluan hidup mas merah,..
Tahun demi tahun hal itu berlangsung,menurut warga yang pernah mengantarkan makanan,bertemu langsung dengan mas merah ,melihat mas merah tidak mengalami perubahan sama sekali,ia tidak tua di makan usia,di gambarkan sebagai gadis muda yang cantik tak ada tandingannya,dengan rambut panjang semata kaki,berkulit putih ,senyumnya yang manis membuat orang seakan tak ingin pulang kalau sudah berada di tempat itu..
Akhirnya lama kelamaan,,seiring waktu,,dari generasi kegenerasi,,..karena orang yang menjaga dan memberi makan mas merah satu persatu tak ada lagi,,mas merah benar-benar terlupakan,,tak ada lagi yang  tahu tentang keadaannya,,bahkan keberadaan rumah tanahnya pun menghilang,hingga kini tak ada yang tahu,..
Ada yang bilang mas merah meninggal dan terkubur bersama rumahnya di dalam tanah,,ada juga yang bilang mas merah masih hidup dan tetap tinggal di dalam rumah tanahnya,namun ia berpindah kealam gaib yang tentunya tak bisa dilihat oleh manusia biasa…

1 komentar:

  1. HMMMMMM....CERITA TERSEBUT LBH BANYAK PADA IMAJINASI PENGARANG SAJA,,KRN SUMBERNYA SANGATLAH TERBATAS...

    BalasHapus